Nama saya adalah Rodri Tanoto, alias 陳曉陽/陈晓阳 (yang pertama tulisan tradisional, yang kedua tulisan disederhanakan) (baca: Chén Xiǎoyáng). Artinya?

Rodri adalah penyederhanaan nama Rodrigo (nama depan) atau Rodríguez (marga). Rodríguez adalah Rodrigo + ez yang berarti “Keturunan Rodrigo”. Rodrigo adalah bentuk Spanyol, Portugis, dan Itali dari Roderick. Roderick berasal dari bahasa Jerman hrod (fame: terkenal) dan ric (power: kekuatan). Jadi, Roderick alias Rodri berarti Famous Power alias Kekuatan yang Terkenal. Nama ini adalah nama yang umum dipakai oleh bangsa Visigoths, berasal dari nama raja terakhir mereka. Ngomong-ngomong, Rhodri yang memiliki cara baca yang sama dengan Rodri, berasal dari bahasa Wales, berarti The King of Wheels (Rhod: Roda, Rhi: Raja), sebuah gelar seorang raja Wales pada abad ke 9.

Tanoto adalah bentuk pengindonesiaan dari marga 陳 (Chén), yang dalam salah satu dialek daerah, dibaca Tan. 陳 (Chén) berarti “tua” atau “kuno”. Bagian kedua dari nama saya seharusnya bertahtakan 字辈 (zìbeì: nama generasi), sebuah nama di mana satu generasi dari sebuah keluarga memiliki nama generasi yang sama. Namun, akibat satu dan lain hal, daftar nama itu hilang, sehingga bagian kedua tersebut tidak menggunakan 字辈 (zìbeì) yang sebenarnya. Bagian kedua tersebut adalah 曉 (Xiǎo), di mana ketiga saudara saya yang lain juga menggunakan karakter yang sama, yang berarti “fajar/subuh”. 陽 (yáng) berasal dari kata 太陽 (tài yáng) yang berarti matahari. 陽 (yáng) juga digunakan untuk menyatakan sisi positif dari Yin Yang, sebuah filosofi Tiongkok. Jadi, 陳曉陽 berarti Matahari Fajar Kuno. (Tetapi sebenarnya nama Mandarin itu jarang diterjemahkan dalam bentuk dirangkai seperti itu)

Apa yang mengilhami Mama saya tercinta untuk memberikan kedua nama di atas?

Tanoto. Semua saudara saya memakai nama belakang itu, kecuali kakak perempuan saya. Darimana nama itu berasal?

“Yah, orang-orang pada pake Tanoto, ya udah Mama pake itu.”

Rodri. Darimana tuh nama?

“Ya lagi bingung kan mau ngasi nama apa. Terus Sa I (panggilan untuk saudara perempuan ibu yang ketiga) menyarankan nama “Rodri” di sebuah novel. Ya enak di mulut, ya udah itu aja.”

Kalo 陳曉陽?

“陽 (yáng) kan artinya matahari. Bagus dong artinya. Sebenarnya awalnya udah kepikiran mau ngasi nama itu, tapi masih ragu, ntar kamu dipanggil “anak kambing” lagi (anak kambing, 小羊 xiǎo yáng, memiliki cara baca yang sama). Eh Kakekmu menawarkan nama yang sama, ya udah deh. Kalo 曉 (Xiǎo), Mama suka aja karakter itu.”

Gubruk! Gubrak! Gedubrak! Tiga kali Gubrak untuk kenyataan pahit di mana ternyata nama keren tersebut memiliki alasan yang begitu sederhana. Tidak ada “nama adalah doa” bagi Mama tercinta. No offense Ma, aku tetap suka namaku kok.

Dan apa kata sang Numerologi (sebuah sistem ramalan dengan mengkonversikan nama menjadi angka, sebuah sistem populer yang paling sering dipakai di internet sebagai sistem ramalan kepribadian gratis dengan entri hanya nama) tentang arti nama saya?

  • Petualang, visioner, meluap-luap, dan pecinta kebebasan (yang konstruktif tentu saja).
  • Multi-talenta, adaptif terhadap perubahan, persuasif, pintar, analitis, dan pemikir cepat.
  • Hiperaktif, tidak sabar, benci rutinitas, dan sering melakukan kesalahan yang sama, disebabkan respons yang lebih bersifat refleks daripada pemikiran.
  • Jiwa pemimpin, tanpa neko-neko, bekerja independen, tidak ragu menunjukkan talenta, ambisius, jujur, setia, adil.
  • Dominan, pembual, egois.

Kesimpulan: Saya banget.

Dan saya yakin semua ini tidak pernah terbersit di kepala Mama saya tercinta ketika menamai saya. Apakah ini kebetulan? Ataukah Yang Kuasa menanamkan nama ini ke kepala Mama tercinta? Ataukah gara-gara nama ini saya jadi begini? Saya hanya bisa tertawa.

Ngomong-ngomong, nama visudhi saya (nama baptis Buddhis) adalah Rakkhito. Diperoleh dengan melihat kedua nama saya, tanggal lahir, dan jam lahir. Atau mungkin Sang Bikkhu cuma main undian. Artinya? “Melindungi, atau Sang Pelindung”.

Nama adalah doa. Pernah dengar seorang anak yang sakit-sakitan sebelum akhirnya namanya diganti? Katanya karena namanya “keberatan”. Saya heran sekarang mengapa saya tidak sakit-sakitan sewaktu kecil dengan nama seberat ini.

Oke, mungkin cukup main-mainnya. Balik ke slide IKK. Terima kasih sudah membaca, tapi memangnya anda gak ujian besok? Kok masih sempet-sempetnya baca omong kosong begini?

PS: Zoethaeque, nama yang saya gunakan di internet, bukan dibaca “Zutaku”, juga bukan “Zuteku”, bukan “Zutekue”, apalagi “Zo-E-Ta-E-Kue”. Zoethaeque dibaca Jutek. Apa artinya? Sesuai cara bacanya. Nama itu berasal dari panggilan saya semasa SMP sampai SMA (alasannya sih sama, karena genetik tampang. Nyebelin gak sih?), dan saya cuma “membunga-bungakannya” saja.