Di bawah ini beberapa buku yang ditulis awalnya karena keisengan belaka; selain juga buat belajar. Demi kepentingan umat maka buku-buku ini diluncurkan. Semoga mereka mahasiswa kedokteran dapat memperoleh manfaatnya!

Seri Koass Bego memang ditujukan untuk mahasiswa kurang mampu secara inteligensi (seperti penulis misalnya). Setiap buku seri Koass Bego tidak ditujukan untuk tujuan komersial (kecuali buat biaya fotokopi mungkin, buat Mas Nur* bolehlah), hanya untuk membantu pembelajaran dalam tingkatan klinik, atau persiapan memasuki klinik. Kritik dan saran dapat dilayangkan ke rodri_chen@yahoo.com atau komentar di sini.

*Mas Nur adalah makhluk dengan ilmu silat tertinggi di dunia persilatan FKUI, namun menyamar menjadi tukang
fotokopi di Kuil Salin Sinar di Lembah Histologi. ___________________________________________________________________

(Hampir) Koass Bego: Seri Rangkuman Checklist KKD

(Hampir) Koass Bego: Seri Rangkuman Checklist KKD ini bertujuan membantu sesama mahasiswa FKUI agar lebih mudah belajar untuk menghadapi OSCE tingkat 3, menggantikan Satu-Satunya Buku KKD yang Anda Butuhkan. Buku ini hanya rangkuman checklist KKD ditambah sedikit pengetahuan umum. Detil dapat dibaca di diktat KKD dan buku Pemeriksaan Fisik lainnya. Sebagai catatan, buku ini tidak diurutkan berdasarkan modul, melainkan berdasarkan sistem kebijakan penulis sendiri.
Buku ini disusun berdasarkan Kurfak 2005 FKUI, Modul KKD yang berlaku tahun 2009. Farmasi dan membaca hasil EKG dibahas di buku yang berbeda.

Seri Rangkuman Checklist KKD edisi 1.0

Edisi Klasik: Satu-Satunya Buku KKD yang Anda Butuhkan 2.2

___________________________________________________________________

(hampir) Ko-ass Bego: Seri Ars Precribendi (Seni Menulis Resep)

(Hampir) Koass Bego: Seri Ars Precribendi (Seni Menulis Resep) ditulis karena penulis merasa betapa kurangnya kuliah mengenai hal ini dalam Kurfak 2005 ini, sedangkan menulis resep merupakan hal yang krusial di sebagai seorang dokter. Selain itu, kitab ini juga bertujuan untuk mengajarkan sebuah cara menulis resep yang baku, agar tidak ada lagi kesulitan komunikasi antara apoteker dan dokter.

Seri Ars Precribendi (Seni Menulis Resep)

___________________________________________________________________

Ko-ass Bego: Seri Rangkuman Praktik Klinik Tingkat IV

Koass Bego: Seri Rangkuman Klinik Tingkat IV ini bertujuan membantu sesama mahasiswa FKUI agar punya contekan cepat ketika di ruangan, di hadapan dosen keji, bahkan ketika sudah memegang gelar “dokter”, sehingga tidak perlu membawa rak buku pribadi saat PTT maupun internship (boleh dong dokter lupa dikit-dikit). Secara umum, kitab silat ini berisi rangkuman “Apa yang harus kulakukan?” dan bukan “Apa yang harus kuketahui?”, sehingga detil tetap harus dipelajari sendiri di buku kedokteran anda yang tebalnya seabrek-abrek itu.
Kitab silat ini diurutkan berdasarkan modul yang dijalani oleh penulis, dimulai dari Geriatri, Forensik, Anestesiologi, Emergency Medicine, Mata, THT, Kulit, Psikiatri, Kardiovaskuler, Pulmonologi, dan Neurologi. Beberapa bab terdiri atas subbab Keterampilan dan Pengetahuan, sedangkan beberapa lainnya hanya Pengetahuan saja, disesuaikan dengan daftar pengetahuan yang harus dikuasai berdasarkan Kitab silat Pedoman Kerja Mahasiswa setiap modulnya.
Kitab silat ini disusun berdasarkan Kurfak 2005 FKUI, sebelas Modul Praktik Klinik yang berlaku pada tahun ajaran 2009/2010.

Segera, hanya di blog ini.